close
Profil Hiduplah seolah engkau mati besok, Belajarlah seolah engkau hidup selamanya.
envato behance dribbble twitter google instagram

Hipertensi pada Usia Lanjut

Posted By Anonim on Jumat, 24 Juli 2015 | Juli 24, 2015



Hipertensi pada Usia Lanjut
Hipertensi pada usia lanjut adalah bila tekanan darah > 140/90 mmHg, sedangkan hipertensi sistolik terisolasi bila tekanan darah sistolik > 140 mmHg dan diastolik <90 mmHg. Tekanan darah meningkat sesuai dengan bertambahnya umur.
Pada orang lanjut usia, dijumpai perubahan-perubahan berupa curah jantung yang rendah, resistensi perifer yang meningkat, aliran darah ginjal dan laju filtrasi glomerulus menurun, akifitas renin plasma yang rendah, gangguan kapasitas konservasi air dan natrium, aktifitas simpatik yang meningkat dan volume intravaskular yan menurun.
Pengobatan
Pengobatan nonfarmakologi sama dengan pasien usia muda. Meliputi penurunan berat badan badan bagi pasien gemuk, gerak/aerobik secara teratur, mengurangi konsumsi alkohol, diet rendah garam dan diet tinggi serat dan sayur.
Pengobatan farmakologi sedikit berbeda dengan pasien muda karena penurunan fungsi fisiologis yang terjadi. Akibatnya konsentrasi obat dalam plasma jadi tinggi dan waktu eliminasi menjadi panjang. Perubahan fungsi atau respons organ lain dan penyakit penyerta, perlu dipertimbangkan.
Prinsip pemberian obat pada pasien tua:
- dimulai pada dosis rendah
- penurunan tekanan darah secra perlahan untuk penyesuaian autoregulasi
- regimen obat sederhana dan satu kali sehari
- antisipasi efek samping dan  pemantauan tekanan darah sendiri di rumah
Blog, Updated at: Juli 24, 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts